Selasa, 23 Oktober 2012

resensi film : war horse

Adalah Albert Narracott (Jeremy Irvine) dari Devon, Inggris, menyaksikan kelahiran anak kuda Thoroughbred Bay dan mengikuti pertumbuhan kuda muda, membuatnya berkeinginan suatu saat dapat memiliki kuda tersebut.

Suatu saat ayahnya (Peter Mullan) membeli kuda yang ternyata kuda tersebut adalah kuda yang sangat diimpi-impikannya selama ini di sebuah pelelangan milik Mr Lyons (David Thewlis) tanpa sepengetahuan istrinya Rose (Emily Watson) ibunya Albert.

Albert menyambut gembira dengan kehadiran kuda tersebut. Sedangkan Rose sangat kuatir karena Ted membeli kuda tersebut hanya untuk mempertahankan harga dirinya, dengan harga yang sangat mahal untuk sebuah kuda bajak.

Tingginya biaya kuda membuat dia tidak mampu membayar sewa ke Lyons, yang mengancam untuk mengambil alih peternakan jika uang tersebut tidak dibayar pada musim gugur. Dan Ted berjanji untuk memenuhi tenggat waktu.


Albert menamai kudanya Joey dan mencurahkan banyak waktu untuk melatih kudanya supaya dapat mempertahankan peternakan orang tuanya. Bersama teman baiknya, Andrew Easton (Matt Milne), Albert mengajarkan kudanya banyak hal, seperti panggilan khusus supaya Joey datang saat Albert memanggilnya. Albert juga mengajarkan Joey bagaimana membajak. Usahanya Albert berhasil Joey berhasil mampu membajak lahan yang penuh dengan batu menjadi lahan yang dapat ditanami. Semua orang menyabut gembira tidak terkecuali ayah dan ibunya.

Namun, cobaan berikutnya datang hujan badai menghancurkan tanaman lobak dan menggagalkan panen hal ini membuat Ted akhirnya benar-benar tidak mampu membayar sewa ke Lyons. Karena putus asa tanpa memberitahu Albert, Ted akhirnya menjual Joey ke perwira muda Kapten James Nicholls (Tom Hiddleston) saat Perang Dunia Pertama akan berlangsung. Albert memohon kepada Nicholls untuk tidak mengambil kuda, namun Nicholls hanya bisa menjanjikan bahwa ia akan mengurus Joey sebagai kuda sendiri. Albert kecewa tapi dia tidak mampu berbuat banyak. Dia ingat apa yang dikatakan oleh ibunya bahwa ayahnya sebenarnya adalah orang sangat baik. Sebelum kuda itu dibawa pergi oleh tentara Albert mengikatkan pennant (semacam bendera) milik ayahnya pada kekang Joey.
Dari sinilah perjuangan seekor kuda bernama Joey berawal sampai akhirnya dia kembali lagi kepada pemilik yang sesungguhnya yaitu Albert. Perjalanan inilah yang sungguh layak kita nikmati kisah Joey, inspiratif banget.

Jika, anda belum menonton film ini, sudah selayaknya film ini patut menjadi acuan anda untuk menikmatinya bersama keluarga. Dijamin nggak rugi…( sudah 100% ) :) .

Directed : Steven Spielberg
Starring : Jeremy Irvine, Peter Mullan, David Thewlis, Benedict Cumberbatch, Tom Hiddleston, Eddie Marsan, Toby Kebbell, Niels Arestrup, David Kross
Release date : 25 December 2011
Running time: 146 minutes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar