Rabu, 24 Oktober 2012

resensi novel : cell

Pernah nggak kalian membayangkan jika semua penduduk bumi yang memegang ponsel tiba-tiba menjadi zombie? Yang selamat adalah orang-orang yang tidak menggunakan telpon selular. Mereka yang menggunakan telpon selular menjadi gila, dunia kacau, terjadi pembantaian dan manusia terjerumus ke dalam insting paling dasar mereka.

Clay, seorang  penulis yang baru mendapatkan kontrak komik, terlalu bergembira dengan membelikan hadiah kecil buat istrinya yang selama ini tak pernah ia lakukan. Dan untuk dirinya sendiri, ketika melihat mobil es krim di sebuah taman ia mengantri untuk menyenangkan dirinya sendiri yang selama ini terabaikan.
Namun, ketika ia sedang antri es krimnya, kejadian mengerikan muncul. Semua orang menjadi kacau dan gila. Semua orang saling ingin membunuh dan tidak mempunyai kendali atas dirinya sendiri.

Hanya beberapa orang yang tidak menggunakan telpon selular yang selamat. Terbayangkan betapa ngerinya keadaan saat itu. Untuk saat ini, kita tak akan menemui orang yang tidak menggunakan cell phone. Dan apa jadinya jika hal yang digambarkan Stephen King ini benar adanya? Untuk saat ini saja, tertinggal cell phone dirumah aja kita akan kelabakan, kita rasanya sudah benar-benar menjadi sangat tergantung pada benda satu ini.



Beberapa penelitian juga menyebutkan bahayanya telpon selular ini, Vini Gautam Khurana, ahli bedah saraf dari Universitas Nasional Australia, Canberra, menelaah lebih dari 100 penelitian yang telah dilakukan berbagai lembaga, tentang keselamatan penggunaan telepon seluler. Hasil penelitian itulah yang menimbulkan gelombang reaksi besar hingga sekarang, karena Khurana menyatakan penggunaan telepon seluler akan memicu epidemi tumor otak, yang akan membunuh lebih banyak orang ketimbang rokok. Menurut riset profesor peraih 14 penghargaan medis ini, penggunaan telepon seluler–langsung dari handset–lebih dari 10 tahun akan menggandakan risiko terkena kanker otak.
Bahkan Mobile Telecommunications and Health Research di Inggris, bekerja sama dengan Imperial College, London, mengadakan penelitian besar-besaran tentang apakah telepon genggam bisa memicu gejala kanker otak, alzheimer, dan parkinson. Penelitian yang didanai pemerintah Inggris dan sejumlah perusahaan seluler ini akan “membuntuti” 90 ribu orang responden selama setahun. Lalu mengevaluasi dampak kesehatannya.

So, walaupun fiksi Stephen King yang menceritakan pengguna telpon selular ini menjadi zombie tidak terbukti, sudah selayaknya kita khawatir dengan dampak kesehatan yang ditimbulkannya. Sudah selayaknya novel yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama ini dengan judul Indonesia Seluler, patut anda baca.

Judul Asli : Cell
Terjemahan : Seluler
Pengarang : Stephen King
Penterjemah : Esti Ayu Budihabsari
Tahun Terbit : 2006


Tidak ada komentar:

Posting Komentar